Selamat pagi bikers Indonesiaaaaa……………
Kenapa selamat pagi? Ya biar semangat terus ajaa kawan,, padahal yang bikin ini
artikel bangunnya siang terus bahahahaha
Ok ini project sebenarnya sudah
lama terwujud,tp baru baru ini mengalami penyegaran karena passion ownernya. Bos
nya kali ini adalah seorang pemuda yang sudah beranjak tua tapi belum mau
married juga,hehe santai boss.
Awalnya kita kira bawa motor cina
ini orang. Datang ke bengkel,suara motornya kasar nan kacau. Baju compang
camping dan penuh luka haha. Setelah dilihat ternyata ini adalah seekor Honda sonic
rakitan tahun 2001 yang telah membangkai dan setengah mati. Omong punya omong
empunya pengen restorasi mesin aja. Dan saya liat mesin sudah sangat tidak
layak. Benar saja, radiator sudah mati,piston dilas dan ahh mengenaskan. Akhirnya
diputuskan untuk swap pake mesin sodara kandung yg lahir di indo, yup Honda CS1.
Tinggal ganti crankcasenya dan jadi. Gitu doang? Ah ga seru
Benar, yang punya pun bilang
gitu, dan sambil menyulut rokok 76filternya dia bertanya, wahai mas bengkel,ini
motor biar kenceng diapain ya? Swap blok head cbr150 jawab saya singkat. Tak berpikir
lama dia pun setuju bingit bingit hehe
Karena halfcut cbr susah makanya
kita cari cb150r aja yang gampang dan lebih murah hehe murmerwusss wkwkwkwk
buat masang ini kita butuh kerja sama dengan tukang las almu dan bubut. Yup crankcase
kiri harus dilebarkan jalur kampratnya.
Kelar itu tinggal seting dikit
dikit diarea bawah,untuk penyesuaian kenaikan cc 20%. Tapi saat pengerjaan ini
tiba tiba yang punya dating dan bilang kalo motornya mau buat ikut balap drag
yg akan digelar akhir bulan di magelang. Edyan ki wong, ya walopun mintanya Cuma
ikut bracket 9 tapi kan ya kudu setting sana sini sgala biar tambah
kencang,hehe
Ok siap deh boss, setang piston
kita balikin ke std sonic biar tetep pake piston std cb150 tp kompresi naik. Ya
pake bos pen aja. Tidak lupa coak piston biar klep ga nabrak. Untuk pinggir
piston cukup pakai tuner manual biar bias motong secukupnya, dan taraaa kompresi
ketemu 13 : 1 . cukup untuk harian dan minum pertamax turbo. Hahaha
Lubang porting mengalami
pembesaran dia masing masing lubang,ihh main lubang segala huusstt… ini lubang
porting boss, yup lubang in mengalami perubahan bentuk jadi mendekati kotak,
dan bowl area mendapat sentuhan pembesaran dan dirapikan. Lubang buang selain
mengalami pembesaran juga dibuat licin abis hehe. Klep tetap std kok,Cuma per
klep pakai japan punya, ya walaupun batang klep aslinya sudah sangat kecil tapi
biar aman di rpm tinggi ya harus diberikan per yg lebih kenyal macam…. Ah sudahlah
hehe
Kelar semua dan pasang pasang,
sim klep ditata ulang dan cam mengalami sedikit pergeseran derajat untuk
mendapatkan derajat durasi yg diinginkan sesuai pengukuran dengan dial test dan
busur derajat. Karbu dah dibeliin uma 30mm. kenalpot pakai wrx special order
buat cs1 200cc. loh kok 200cc? kan ini Cuma 150 cc mesinnya, yah bosnya belinya
segitu jee, asem kok..magnet cukup pakai std aja, tapi khusus buat balap ini
fly wheel magneto kita pakai custom dengan bobot Cuma 450gram. Ya bubut abis
magnet std dengan system pengapian total los disuport cdi BRT I max remote
24step. Set pengapian tertinggi di 41°BTDC.
las crankcasenya rapi jali hehe |
wrx bebek 200TU, lehernya kegedean bos haha |
karbu cukup pakai UMA 30mm |
bergaya ala thai drag biker |
Ok sudah seeting jalan dan Alhamdulillah
sesuai harapan mekaniknya. Tapi karena hujan terus sebernya seting kurang bisa
maksimal, jalannya juga masih agak basah. Tp hasil balap diluar dugaan. Entah karena
bejo alias beruntung atau memang feeling jokinya yang bagus, ini motor bisa
dapet podium 2 haha, dan time bersihnya berkisar 8,7detik(untung reaction time
nya 0.4detik lebih), wah kok banter yoo hahaha, apalagi podium 1 nya juga 1 bengkel,hehe
fu touring+corneringnya mas kicot(kapan kapan kita bahas Fu nya dehh). Gandhemm!!
Apapun hasilnya semua terjadi
karena usaha dan doa, maka harus selalu bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa,
sekali lagi Alhamdulillah
bejo kabeh, podium 1 dan 2 hehe |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar