Sabtu, 29 Oktober 2016

Yamaha Mio 180cc Harian dan Cornering


Yamaha Mio 180cc Harian dan Cornering Edition
Asalamualaikum biker budiman,,,
Sekarang lagi marak fun race ni, enaknya pake motor apa ya? Lagi enak2 ngelamun tiba tiba terdengar suara motor matic dengan tenaga yg seperti tertahan pada saluran pembuangannya. Kemudian terlihat sesosok laki laki bertubuh kerempeng memasuki bengkel KSS. Dia adalah seorang pendekar dari gunung sumbing, hassyyahhhh malah cerita ini kisanak..
Dan intinya orang tersebut meminta tunggangannya seonggok yamaha mio untuk di up grade ala balap berbelok alias road race. Minta spek yang agak extreme biar bisa melayani satria fu dan motor sport tanggung saat di jalan raya. Duh ini dia..hahaha
Setelah berembuk akhirnya deal dengan kapasitas 200cc. sudah WOW kalau untuk harian. Tapi kok ya rada gemeter ya bikinnya kalo buat harian. Akhirnya setelah ukur mengukur lebih enak 180cc dengan perhitungan stroke std,dan piston 63mm. hmm cukuplahh
Sip kalter dibelah bang dibelah bersama mba jupe haha lingkar dalam kalter dibuat 69mm. blok pakai paket bore up dari kawahara diameter 63mm. kenapa pakai blok bore up? Karena tepian bibir blik lebih tebal dan liner silinder lebih presisi karena bukan press tukang bubut,ya bukannya ga percaya tapi pertimbangan keawetan dan kepresisian juga akan berpengaruh kepada output power. Jupie 130 tune up saja sekarang banyak yang pake paket blok ceramic, jadi more precision more power. Haha kaya iya aja hehe
Klep pilih pake BRT karbon diameter 31/25,5 batang 5mm. porting in cukup sebesar klep buang saja, lubang buang dibuat sebesar mungkin sampe bolong ke lubang tusuk sate,dilas lagi hahaha.. rocker arm pakai Honda blade supaya engine berkitir ringan. Cam pakai mentahan kode D dengan profil bulat durasi 260° lift 9,2mm.pinggang ramping macam pinggang Jessica mila, duh dek asal jangan jesica yg lain,bisa salah ngopi kita hahaha
paket 180cc terbukti bisa bikin terbang di sircuit
Sip kelar head silinder,piston dipotong potong di pengrajin bubut mesin andalan kita,buret sana sini dan kompresi yg diinginkan tercapai, sip cukup 11,5:1 untuk mengakomodir besar porting. Kruk as mengandalkan std saja dengan setang dan bearing baru dan sedikit penyesuaian balans kruk as supaya sesuai dengan spek baru yg kapasitasnya meningkat 60%. Wis di dial njuk mesin urip,eitss kosik mass, cvt area belum dibahas, hehe CVT area hampir 70% pakai produk asli dari YMKI. Hanya pergantian pada per kampas Ganda dan per pulley belakang,masing masing pakai 1500rpm dan 2000rpm. pulley depan dibubut dengan sudut 13.5°. rumah pulley di kerok supaya roller bisa naik tinggi pol mentok notok,hehe roller silang 7 dan 8 gram. Rasio final gear 14/42.
footstep ketinggalan di bengkel wkwkwkwk
Ok ready semua, karbu PE28 dengan main jet 122 dan pilot jet 45. Pelepas gas buang pakai kawahara k2 spek 200cc. CDI BRT dualband mapping tertinggi 38° BTDC di 7000rpm
mekanik ganteng eksis sama mesin cantik

.
Jajal di sirkuit kok jauh amat yak, wis dolan ke mamo aja alias sma limo (5) magelang haha,illegal ini..
test suspensi dan engine
test overtake bareng CB gaul

ok sip seting dikit dikit langsung tes di event ajah walaupun motor masih langsung wheelie selepas tikungan langsung gas, fun race maguwoharjo kami dataaang. Kelas 200cc dan ffa matic.  
Hasilnyaa? Joki jatuh semua,haha, disinyalir ban kurang grip dan  power terlalu galak di rpm bawah, walaupun sempat memimpin beberapa lap di kelas 200cc, tapi kandas setelah jatuh,hmm apapun hasilnya disyukuri, yang penting kalau buat harian bisa start ninggalin si ninja 150 di lampu merah,hehe keep safety riding dan jangan lupa Bismillah…..
ditemukan terperosok,entah apa sebabnya hahahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar